Kamis, 13 September 2012

SNUFF BOTTLE 1 鼻煙壺第一


SNUFF BOTTLE 鼻煙壺 merupakan wadah tembakau bubuk yang digunakan masyarakat Cina pada era dinasti Qing


 selama Dinasti Qing tembakau adalah ilegal , namun penggunaan tembakau diizinkan karena tembakau dianggap orang Cina sebagai obat untuk penyakit umum seperti pilek , sakit kepala dan gangguan lambung. Oleh karena itu, tembakau simpan dalam botol kecil seperti obat-obatan lainnya.


 Tembakau diperkenalkan Beijing selama pertengahan hingga akhir abad ke-16-. Itu awalnya merokok dalam pipa sebelum dinasti Qing. Penggunaan tembakau dan botol tembakau menyebar melalui kelas atas, dan pada akhir abad ke-17 telah menjadi bagian dari ritual sosial untuk menggunakan tembakau. Akhirnya, trend menyebar ke seluruh negeri dan ke dalam setiap kelas sosial. menawarkan sejumput tembakau sebagai cara untuk menyambut teman-teman dan kerabat. Botol Snuff segera menjadi obyek keindahan dan cara untuk mewakili status. Status tertinggi bagi yang memiliki botol tembakau paling langka dan terbaik. Puncak pembuatan botol tembakau adalah selama abad ke-18.


Ukuran botol tembakau cukup kecil untuk muat di dalam telapak tangan. Snuff bottle terbuat dari bahan yang berfariasi seperti, porselen , batu giok , gading , kayu , tempurung kura-kura , logam dan keramik , meskipun mungkin bahan yang paling umum digunakan adalah kaca. tutup biasanya memiliki sendok yang sangat kecil yang menempel untuk mengekstraksi tembakau.



 Botol tembakau China biasanya dihiasi dengan lukisan atau ukiran, yang dibedakan botol kualitas yang berbeda dan nilai. Botol dekoratif itu, dan tetap, memakan waktu dalam produksi dan dengan demikian diinginkan untuk kolektor saat ini.


sebuah snuff bottle terbuat dari porcelain dalam keadaan utuh
 dengan tinggi 8 cm dan diameter terbesar 3,5 cm
unik dan cantik sebagai koleksi

SOLD

Thx to Mr "D" Batavia
感謝 "D" 先生,雅加達
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...