Selasa, 16 Oktober 2012

BULI BULI 煙壺


Sebuah buli buli atau wadah kecil terbuat dari keramik dahulu biasa digunakan untuk menyimpan bubuk obat 


dengan diameter terbesar 6 cm dan tinggi 6 cm


terdapat sedikit bagian glazzur yang terkelupas karena usia dan pemakaian
selebihnya dalam kondisi utuh


juga bagian marking ada yang hilang tapi nampaknya bukan pecah melainkan cacat produksi


marking menunjukan era kaisar Yong Le  永樂帝 2 Mei 1360 - 12 Agustus 1424.
adalah ketiga kaisar dari Dinasti Ming di China , memerintah 1402-1424


pada masa pemerintahannya lah Kaisar Yongle mensponsori jangka besar dan panjang ekspedisi Cheng He 正和. Sementara perahu Cina terus bepergian ke Jepang, Ryukyu , dan banyak lokasi di kawasan Asia Tenggara baik sebelum dan sesudah era Yongle, Ekspedisi Zheng He merupakan ekspedisi Cina terbesar dalam sejarah (meskipun Cina mungkin telah berlayar ke Arab , Afrika Timur , dan Mesir sejak Dinasti Tang , dari AD 618-907 atau sebelumnya). Ekspedisi pertama diluncurkan tahun 1405 (18 tahun sebelum Henry sang Navigator memulai perjalanan penemuan Portugal ). Ekspedisi berada di bawah komando kasim Zheng He 正和 dan rekan-rekannya ( Wang Jinghong , Hong Bao , dll). Tujuh ekspedisi diluncurkan antara 1405 dan 1433, mencapai pusat-pusat perdagangan utama di Asia (sejauh Tenavarai ( Dondra Kepala ), Hormuz dan Aden, termasuk Indonesia ) dan utara-timur Afrika ( Malindi ). Beberapa perahu yang digunakan tampaknya merupakan perahu layar kayu terbesar di dunia ( National Geographic , Mei 2004).


buli buli dengan warna biru Ming atau biru raja
kemungkinan merupakan salah satu peninggalan armada Zheng He 正和
suatu bukti sejarah yang amat layak dikoleksi


biografi kaisar Yong Le 永樂帝

Kaisar Yongle 永樂帝, 2 Mei 1360 - 12 Agustus 1424, lahir dengan nama Zhu Di 朱棣, adalah  kaisar ketiga dari Dinasti Ming di China , yang memerintah memerintah 1402-1424.
Zhu Di 朱棣 atau dikenal dengan nama Pangeran Yan ( 燕王 ) pada bulan Mei 1370,di beri kepercayaan untuk memimpin Beiping 北平 (modern Beijing 北京 ). Di tengah perjuangan terus melawan Mongol 蒙古人 , Zhu Di 朱棣 awalnya menerima janji ayahnya dari kakaknya Zhu Biao 朱彪 tapi kemudian keponakannya yang masih  remaja Zhu Yunwen 朱允炆 diangkat sebagai putra mahkota,ketika Zhu Yunwen 朱允炆 naik tahta sebagai Kaisar Jianwen 建文dan mulai melaksanakan dan menurunkan jabatan paman yang kuat, Zhu Di 朱棣 menemukan dalih untuk melakukan pemberontakan melawan dia.Dibantu oleh bagian besar kasim 閹割 yang dianiaya oleh kaisar Hongwu 明洪武 dan kaisar Jianwen 建文, yang keduanya disukai para birokrat sarjana berpendidikan Konghucu 孔子, Zhu Di 朱棣 selamat dari serangan awal dan melaju Selatan, menguasai Nanjing 南京 tahun 1402 dan menyatakan era baru yang disebut Yongle 永樂 atau masa "Kebahagiaan Abadi".

SOLD
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...