Selasa, 04 Juni 2013

KAIN ALTAR 壇布


Seni batik menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat Cina Peranakan Indonesia
salah satunya tercermin dalam kain altar (tok wi) ini


dengan ragam hias yang sarat dengan nuansa oriental, kalin altar ini merupakan salah satu bentuk inkulturisasi  budaya Cina dengan budaya lokal


Bagian atas dihiasi dengan lukisan 8 dewa 
salah satu unsur taoism yang amat melegenda


sedangkan pada bagian kiti kanan atas panel utama terdapat lukisan burung hong 鳳凰
Phoenix adalah dewi dari semua makhluk bersayap. Phoenix ditampilkan dengan sendirinya tanpa naga memberikan "Yang" energi.
burung surgawi ini akan memanen peluang keberuntungan, kesuksesan dan kemakmuran. The Phoenix akan memberi kejutan orang dengan mengubah nasib buruk menjadi nasib baik. secara misterius akan mengukir jalan peluang untuk, pekerjaan Anda karier bisnis, atau semua kegiatan lain dalam hidup Anda.


sedang panel utama bergambar naga 龍
Naga Cina sering dianggap sebagai simbol tertinggi langit itu merupakan kewaspadaan dan kekuatan yang luar biasa. Naga bertanggung jawab atas kuadran timur dari langit dan mewakili matahari terbit, awal yang baik dan harapan.
 Menjadi hewan "Yang" mitos, naga dapat menakut-nakuti roh-roh jahat berkeliaran, melindungi yang tidak bersalah, memberkati dengan keselamatan dan meningkatkan kekayaan kepada semua yang memegang lambang nya.  Naga Cina sebagai simbol utama keberuntungan yang sangat baik.


dan bagian bawah bergambar qillin 麒麟
Qilin 麒麟 dianggap sebagai simbol pertanda baik, perlindungan, kemakmuran, keberhasilan, dan umur panjang serta pelindung anak anak, oleh orang Cina.
Kedatangannya sering diartikan sebagai pertanda baik yang membawa Rui 瑞 yang dapat diartikan sebagai "ketenangan" atau "kemakmuran"


Kain altar antik dengan ukuran 100 x 100 cm dalam keadaan utuh
terdapat beberapa lubang kecil karena usia dan pemakaian tapi tidak mempengaruhi penampilannya


salah satu bentuk perpaduan dua budaya yang menjadikan karya seni yang mengagumkan sebagai koleksi kebanggaan

SOLD
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...