Selasa, 10 September 2013

Yang Gui Fei 楊貴妃


Yang Yuhuan 楊玉環 (26 Juni 719-15 July 756 ), sering dikenal sebagai Yang Guifei 楊貴妃 "Permaisuri Yang", Guifei 貴妃 merupakan peringkat tertinggi untuk selir kekaisaran pada waktu itu, dikenal secara singkat oleh biarawati Tao  dengan nama Taizhen  太真, 
merupakan salah satu dari Empat Beauties of China kuno 四大美女. 
Dia adalah permaisuri tercinta Kaisar Xuanzong 唐玄宗 /  Li Longji  李隆基 (8 September 685 - 3 Mei 762 ) dari  dinasti Tang


Yang 楊 lahir pada 719 selama Dinasti Tang , di awal masa pemerintahan Kaisar Xuanzong  唐玄宗. kakek buyutnta Yang Wang 楊汪 adalah seorang pejabat kunci pada masa pemerintahan Kaisar Yang dari dinasti  Sui. setelah jatuhnya Dinasti Sui , Yang Wang 楊汪  tewas ketika Wang Shichong 王世充 dikalahkan oleh pasukan Tang pada tahun 621 


ayahny Yang Xuanyan 楊玄琰 menjabat sebagai pejabat sensus di Prefektur Shu  蜀州 (sekarang Chengdu , Sichuan ),Dia tidak memiliki anak laki-laki, tetapi memiliki empat anak perempuan.Yang Xuanyan meninggal ketika Yang Yuhuan masih muda, sehingga ia dibesarkan oleh pamannya Yang Xuanjiao 楊玄璬, yang adalah seorang pegawai berpangkat rendah di Henan 河南府 ( sekarang Luoyang ).


Pada 733, pada usia enam belas tahun Yang Yuhuan 楊玉環 menikah dengan putra Kaisar Xuanzong dan Permaisuri Wu ( 貞順皇后 ) , Li Mao 李茂 Pangeran Shou.dengan gelar Putri Shou. 
Setelah Permaisuri Wu meninggal pada 737, Kaisar Xuanzong sangat sedih dengan kematian selir favoritnya. Namun Putri Yang selalu memberi semangat kepada Xuanzong dan kaisar memutuskan untuk membawanya sebagai permaisuri. Namun, karena Putri Yang sudah menjadi istri sang anak, maka Kaisar Xuanzong diam-diam mengatur dirinya untuk menjadi seorang biarawati Taois dengan nama Yang Taizhen untuk mencegah kritik yang akan mempengaruhi rencananya untuk membuat gundik. Yang kemudian tinggal, untuk sesaat, sebagai seorang biarawati Taois di istana itu sendiri. Pada 745,Kaisar Xuanzong memberikan putri jenderal Wei Zhaoxun 韋昭訓 kepada Li Mao sebagai istri barunya dan ia secara resmi membuat Taizhen 太真 permaisuri kekaisaran - dengan pangkat yang baru dibuat dari Guifei  貴妃, bahkan lebih besar dari sebelumnya pangkat tertinggi Huifei 惠妃


Yang Guozhong 楊國忠 berulang kali mencoba untuk memprovokasi An 安祿山 untuk memberontak, dengan menangkap dan mengeksekusi anggota staf di rumah An di Chang'an. Pada 755, An akhirnya membalas .Yang Guozhong telah memprovokasi pemberontakan, Kaisar Xuanzong dianggap melewati tahta putra mahkotanya Li Heng . Yang Guozhong, yang tidak berhubungan baik dengan Li Heng, takut perkembangan ini, dan membujuk Selir Yang dan Ladies Han, Guo, dan Qin untuk berbicara menentang hal itu. Kaisar Xuanzong, untuk saat ini, tidak turun takhta.
Pada 756, Jenderal Geshu Han dikalahkan oleh pasukan An, Yang Guozhong menyarankan melarikan diri ke Chengdu, ibukota Jiannan. Pada tanggal 14 Juli Kaisar Xuanzong, dengan diam diam memerintahkan penjaga kekaisaran untuk mengawalnya, Permaisuri Yang, keluarganya, dan anggota klan langsungnya,  keluar Chang'an, menuju Chengdu. bersama dia adalah Yang Guozhong 楊國忠, kanselir Wei Jiansu 韋見素 , Wei Fangjin 魏方進, jenderal Chen Xuanli 陳玄禮 , dan beberapa kasim dan dayang dekat dengannya.


 Pada tanggal 15 Juli,iring-iringan Kaisar Xuanzong mencapai Mawei Courier Station 馬嵬驛 (sekarang Xianyang , Shaanxi ). Para penjaga kekaisaran tidak diberi makan dan menjadi marah pada Yang Guozhong. Chen juga percaya bahwa Yang Guozhong telah memicu bencana ini dan berencana untuk menuduhnya, ia melaporkan rencananya kepada Li Heng 李亨 melalui kasim Li Fuguo 李輔國, tapi Li Heng ragu-ragu dan tidak memberikan persetujuan. Sementara itu, utusan Tufan yang mengikuti Kaisar Xuanzong, mengadakan pertemuan dengan Yang Guozhong dan mengeluh bahwa mereka juga belum makan. 
Para prajurit pengawal kekaisaran mengambil kesempatan ini untuk menyatakan bahwa Yang Guozhong merencanakan pengkhianatan bersama dengan utusan Tufan, dan mereka membunuhnya, bersama dengan putranya Yang Xuan 楊暄, Ladies of Han dan Qin, dan Wei Fangjin. Wei Jiansu juga hampir terbunuh, namun dibebaskan pada saat terakhir dengan luka parah. 
Tentara kemudian mengepung paviliun Kaisar Xuanzong,Chen mendesaknya untuk menghukum mati permaisuri Yang. awalnya kaisar menulaknya namun setelah anak Wei Jiansu ini Wei E 韋諤 dan Gao Lishi berbicara lebih lanjut, Kaisar Xuanzong akhirnya memutuskan untuk meyetujuinya. 
Karena itu ia membawa permaisuri Yang ke sebuah kuil Buddha dan mencekiknya. Setelah ia menunjukkan jenazah permaisuri kepada Chen dan penjaga jenderal kekaisaran, prajurit penjaga akhirnya siap untuk perjalanan jauh. 
 Permaisuri Yang dimakamkan di Mawei, tanpa peti mati, tapi dengan massa wewangian, terbungkus dalam selimut ungu.


Pada 757, Pangeran Li Heng, yang telah mengambil takhta sebagai Kaisar Suzong 唐肅宗,kembali ke Chang'an dan menyambut mantan Kaisar Xuanzong, maka Taishang Huang (kaisar pensiun) kembali ke ibukota. Kaisar Xuanzong pergi melalui Mawei dalam perjalanan kembali ke Chang'an. Dia ingin mencari tubuh Selir Yang dan memakamkan kembali dia dengan hormat. Pejabat Li Kui berbicara menentang itu, menunjukkan bahwa penjaga tentara kekaisaran masih akan rentan terhadap pembalasan jika ia melakukannya. Namun, Kaisar Xuanzong diam-diam mengirim kasim untuk memakamkan kembali dia dengan peti mati. 
Mereka menemukan tubuh, itu membusuk, tapi tas aroma yang dikuburkan dengan dia masih segar. Para kasim kembali dengan tas aroma, dan setelah menyampaikan kepada Kaisar Xuanzong, ia menangis tersedu-sedu.
 Ketika ia kembali ke Chang'an,di istana sekunder ia melukis wajah Selir Yang , dan sering pergi ke sana untuk melihatnya


Yang Gui Fei  楊貴妃, merupakan kisah cinta legendaris yang amat terkenal dalam masyarakat Cina, bahkan penyair Li bai 李白 mengabadikannya dalam sastra yang terkenal

Kisah Yang Gui Fei  楊貴妃 juga populer di Jepang di mana ia dikenal sebagai Yōkihi .
Orang Jepang percaya bahwa dia tidak mati di Mawei tetapi telah melarikan diri ke Jepang dan bahkan memiliki sebuah makam untuk membuktikannya.
Di Temple Sennyu-Ji,泉涌寺 , sebuah biara Buddha di Kyoto, mereka mengklaim memiliki Guanyin ,楊貴妃觀音, diukir dalam citra permaisuri Yang.

Lukisan gulung Yang Gui Fei  楊貴妃 yang terkenal dengan ukuran 36 cm x 127 cm
dilukis pada kertas dengan kondisi utuh
kehadirannya akan membawa pesona kecantikan di ruang anda


Empat Beauties hidup di empat dinasti yang berbeda, masing-masing berbeda ratusan tahun. Dalam urutan kronologis, mereka adalah:
Xi Shi 西施沉魚 (c. 7 sampai abad ke-6 SM, Semi dan Gugur ), dikisahkan begitu cantiknya sehingga digambarkan bahwa ikan akan lupa berenang dan tenggelam jauh dari permukaan ketika dia lewat.
Wang Zhaojun 昭君落雁 (c. abad ke-1 SM, Dinasti Han Barat ), dikatakan begitu indah penampilannya sehingga akan menarik burung dalam penerbangan jatuh dari langit.
Diaochan 貂嬋閉月 (c. abad ke-3, periode tiga kerajaan), dikatakan begitu memancarkan keindahan dan keanggunan sehingga bulan akan menghindar karena malu bila dibandingkan dengan wajahnya.
Yang Guifei 貴妃羞花 (719-756, Dinasti Tang ), dikatakan memiliki wajah yang begitu cantik sehingga semua bunga menjadi malu.

SOLD
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...