Jumat, 11 November 2011

JAM MEJA ROSKOPF

Frederic Georges Roskopf
(1813-1889)
Innovator Tuas Putaran Jam, penemu pin-palet escapement, lahir di Jerman dan menjadi warga negara Swiss naturalisasi.



Pada tahun 1860 ia mulai desain seperti sebuah jam yang bisa dijual seharga 20 franc, namun dengan kualitas yang sangat baik dan sederhana dalam komponennya, konsep kesederhanaan Roskopf menghadapi tantangan dan penolakan dari para spesialis jam pada waktu itu, mereka menganggap bahwa konsep tersebut mengusung sebuah kemunduran dan berpotensi merendahkan profesi pembuat jam.


Roskopf diberikan paten AS no 75463, 10 Maret 1868, untuk putaran jam untuk jam tangan (paten ini mengatakan bahwa escapement bisa diadaptasi untuk digunakan dengan silinder atau tuas serta palet pin)


roskopf dipatenkan arloji di Perancis, dengan Perancis paten no 80611 dari 25 Maret 1868 untuk jam dengan jenis escapement platform. Dia patenkan desain di beberapa negara ( Belgia, no 21988, 3 Agustus 1867 ) tetapi tidak pernah di Swiss, karena Swiss belum memiliki sistim paten


Pada 1873 Roskopf menyerahkan usahanya kepada Freres Wille dan rekan mereka, Ch. Léon Schmid. Ketika Roskopf meninggal pada tahun 1889 sejumlah perusahaan mengaku sebagai penerus sejati, tapi Wille Freres adalah yang sebenarnya memiliki hak pada paten dan perusahaan Roskopf.


Sebenarnya, Wille Freres dan Vve Ch. L. Schmid telah menggunakan merek dagang Roskopf (Roskopf Patent) selama bertahun-tahun sebelum kematian GF Roskopf, dengan izinnya.


Koleksi Jam berbentuk bola dengan diameter  6 cm dan tinggi total 12 cm ini merupakan salah satu warisan dari hasil karya beliau, dengan kondisi mulus dan masih menunjukan waktu dengan akurat, jam mungil ini mampu berjalan selama seminggu dengan satu putaran penuh.
membuktikan kehebatan karya Frederic Georges Roskopf 
SOLD





Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...