Rabu, 30 Mei 2012

TO' KWI (Kain Altar Antik)


Kain penutup altar atau to' kwi dengan ukuran 110 cm x 110 cm
bersulamkan 3 dewa fu lu shou  福 禄 壽


Pada bagian atas tertulis dari kanan ke kiri 
"Fu Lu Man Dang"
yang berarti senantiasa dilimpahi keberuntungan dan kejayaan


Fu kung kung (福) mengacu pada planet Jupiter . Dalam astrologi tradisional, planet Jupiter diyakini sebagai bintang keberuntungan.Menurut legenda Tao, Dewa Fu 福 dikaitkan dengan Yang Cheng 阳城, seorang gubernur  Daozhou 道州. Yang Cheng mempertaruhkan hidupnya dengan menulis peringatan kepada kaisar untuk menyelamatkan bangsa dari penderitaan. Setelah kematiannya, orang-orang membangun sebuah kuil untuk mengenang dia, dan dari waktu ke waktu ia dianggap sebagai personifikasi dari keberuntungan 福.
Dewa Fu 福  biasanya digambarkan dalam pakaian sarjana, memegang sebuah gulungan kitab, yang kadang-kadang tertulis karakter "Fu"福 . atau dapat juga dilihat sedang menggendong anak, atau dikelilingi oleh anak-anak.


Lu Kung Kung ( 禄 ) adalah ζ Ursa Majoris , atau, dalam astronomi tradisional Cina, bintang keenam di cluster Wenchang.Dewa Lu 禄 diyakini sebagai Zhang Xian yang hidup pada Dinasti Shu. Kata lu 禄 secara khusus mengacu pada gaji seorang pejabat pemerintah. Dengan demikian, dewa Lu 禄 adalah dewa kemakmuran, pangkat dan pengaruh.
Dewa Lu 禄 juga disembah secara terpisah dari dua lainnya sebagai dewa yang menolong seseorang dalam Ujian kerajaan, keberhasilan dalam birokrasi kerajaan. Dewa Lu 禄 biasanya digambarkan memakai pakaian kebesaran pejabat kekaisaran China


Shou kung kung (壽) adalah α Carinae ( Canopus ), bintang Kutub Selatan dalam astronomi Cina, dan diyakini mengendalikan masa hidup dari manusia. Menurut legenda, ia dikandung ibunya selama sepuluh tahun, dan sudah tua saat dilahirkan. Dia cirikan dengan tinggi dahinya, kubah dan membawa buah persik / thao sebagai sebagai simbol keabadian . Dewa Panjang Umur biasanya ditampilkan tersenyum dan ramah, dan dia kadang-kadang dapat membawa labu diisi dengan Ramuan Kehidupan.



Terdapat luka tetesan lilin pada kanan kiri atas akibat pemakaian.
tapi tidak merusak bagian sulaman


Fu Lu Shou  福禄壽  mengacu pada konsep Keberuntungan (Fu/ 福) , Kesejahteraan (Lu/ 禄), dan Panjang Umur (Shou/ 壽). Istilah ini umum digunakan dalam budaya Cina untuk menunjukkan tiga unsur kehidupan yang baik. Patung ketiga dewa ini dapat ditemukan hampir di setiap rumah Cina dan banyak toko-toko milik masyarakat Cina di altar kecil dengan segelas air, sebuah persembahan menguntungkan seperti jeruk , terutama selama Tahun Baru Cina. Secara tradisional,susunan mereka adalah dari  kanan ke kiri (sehingga Fu福  ada di sebelah kanan, Lu 禄 di tengah, dan Shou 壽 di paling kiri).

Kain Altar ini merupakan salah satu favorit saya, karena pengerjaannya begitu halus disamping makna yang terkandung di dalamnya.
layak anda jadikan sebagai koleksi kebanggaan

SOLD
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...