Senin, 18 Juni 2012

QILIN 麒麟


Qilin  麒麟 adalah mahluk mitos Cina yang dikenal di berbagai budaya Asia Timur 


dalam legenda kemunculannya selalu dihubungkan dengan akan munculnya penguasa terkenal, ataupun orang bijaksana


merupakan pertanda baik yang membawa Rui  瑞 diterjemahkan sebagai "kedamaian" atau "kemakmuran"


digambarkan sebagai makhluk yang memiliki kepala naga dan tubuh harimau. Yang lain melihatnya sebagai makhluk dengan tanduk tunggal di dahinya, kuku kuda, tubuh rusa, dan dengan ekor lembu. digambarkan dengan lidah lidah api di sekujur tubuhnya.


Meskipun terlihat menakutkan, Qilin 麒麟 hanya menghukum orang jahat. Dapat berjalan di atas rumput namun tidak menginjak-injaknya, juga dapat berjalan di atas air. Karena merupakan makhluk yang damai, pola makannya vegetarian. tidak pernah menyakiti atau menginjak makhluk hidup,


dikatakan hanya muncul di daerah yang diperintah oleh pemimpin yang bijaksana dan baik hati (juga dalam keluarga yang dipimpin scara bijaksana).


 biasanya lembut tetapi dapat menjadi ganas jika seseorang suci terancam oleh orang jahat, semburan api dari mulutnya dan praktik kekuasaan yang menakutkan lainnya yang mungkin berbeda dari cerita ke cerita.


Legenda mengatakan bahwa Qilin  麒麟 telah muncul di kebun kaisar legendaris Huangdi dan di ibukota Kaisar Yao . Kedua kesaksian sesuai dengan sifat murah hati para penguasa. Sudah diceritakan dalam legenda bahwa kelahiran orang bijak besar Konfusius diramalkan oleh kedatangan Qilin 麒麟.


Beberapa cerita menyatakan bahwa Qilin 麒麟  adalah hewan peliharaan suci para dewa. Oleh karena itu, dalam hirarki tarian yang dilakukan oleh Cina ( Lion Dance , Tari Naga , dll), Qilin 麒麟  menduduki peringkat ke tiga, dimana peringkat pertama Naga dan kedua  Phoenix


Qilin 麒麟 dianggap simbol pertanda baik, perlindungan, kemakmuran, keberhasilan, dan umur panjang oleh orang Cina.


Ada variasi dalam penampilan Qilin 麒麟 , bahkan dalam sejarah Cina , karena budaya perbedaan antara dinasti dan daerah


Dalam Dinasti Ming (1368-1644) Qilin 麒麟  diwakili sebagai seekor lembu berkuku dengan  kepala naga dengan  sepasang tanduk dan api sebagai hiasan kepala.


 Qing dinasti (1644-1911) merupakan hewan fantastis. Penggambaran Qilin 麒麟 yang menunjukkan makhluk dengan kepala naga , tanduk rusa , kulit dan sisik ikan , kuku sapi dan ekor singa .


Kirin adalah pengucapan bahasa Korea dari Qilin 麒麟 tersebut. Hal ini digambarkan sebagai makhluk dengan  bertubuh rusa ,ekor sapi dan kuku kuda. Qilin 麒麟 dalam seni Korea yang awalnya digambarkan sebagai lebih mirip rusa, namun dari waktu ke waktu mereka telah berubah menjadi lebih menyerupai kuda. Qilin 麒麟  adalah salah satu dari empat makhluk ilahi (사영수,四灵兽) bersama dengan naga , phoenix dan penyu . Kirin secara luas digunakan di kerajaan Korea dan seni Buddha.


Di Jepang , Qilin  麒麟 ini disebut Kirin (yaitu 麒麟 dalam Kanji ) di Jepang , yang juga digunakan dalam kata dalam bahasa Jepang modern untuk jerapah . Seni Jepang cenderung menggambarkan Qilin 麒麟  sebagai lebih mirip rusa dibandingkan pada seni Cina . Atau, digambarkan sebagai naga berwujud seperti rusa, tapi dengan ekor lembu  bukan ekor singa


 Dalam hirarki Qin binatang mitologis Cina, Qilin 麒麟 adalah makhluk yang paling kuat peringkat ketiga (setelah naga dan phoenix ), tetapi di Jepang, Kirin menempati posisi teratas. Hal ini mengikuti gaya dari Cina kuno,   Selama dinasti Zhou Qilin 麒麟 menduduki peringkat lebih tinggi dari Naga atau Phoenix.
Sebelum Dinasti Qin., Qilin 麒麟 menduduki peringkat tertinggi, Phoenix peringkat kedua dan Naga yang ketiga.


Di China dan Jepang, rakyat percaya bahwa Qilin adalah hewan suci, pelindung negeri dari bencana.
Qilin berwujud menyerupai kura bersisik berkepala singa bertanduk rusa dan lambang bagi pelindung anak-anak.


Qilin 麒麟 adalah pelindung sebelah barat dan dilambangkan dengan kekuatan petir.


Sepasang Qilin 麒麟 dengan keanggunanya 
memiliki dimensi tinggi 20 cm x panjang 25 cm x ketebalan 17 cm
dalam kondisi utuh
bersinarkan keagungan dengan kilauan warna peraknya

SOLD
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...