Senin, 30 Juli 2012

CINCIN PERAK 銀戒指


Sebuah cincin perbuat dari perak tua dengan motif naga 龍
Bagi bangsa Cina, naga adalah salah satu dari empat makhluk spiritual yang mendapat penghormatan tertinggi. Tiga makhluk lainnya adalah Phoenix 鳳凰, Qilin (Kirin) 麒麟 dan Kura-kura 龜 . Namun diantara semuanya, naga adalah yang paling perkasa.


Di dalam mitologi Cina, naga 龍 memiliki kaitan yang sangat erat dengan angka "9". Misalnya, Naga Cina sesungguhnya memiliki 9 karakteristik yang merupakan kombinasi dari makhluk-makhluk lainnya.



1. Ia memiliki kepala seperti unta
2. Sisiknya seperti ikan
3. Tanduknya seperti rusa
4. Matanya seperti siluman
5. Telinganya seperti lembu
6. Lehernya seperti ular
7. Perutnya seperti tiram
8. Telapak kakinya seperti harimau
9. Dan Cakarnya seperti rajawali.
Ia juga memiliki 117 sisik. 81 diantaranya memiliki karakter Yang 陽 (Positif) dan 36 lainnya memiliki karakter Yin 陰 (Negatif).



Dalam sejarah, naga merupakan lambang Maharaja China 皇帝. Pada zaman Dinasti Zhou 周朝, naga berkuku lima diuntukkan kepada Putera Kayangan (Maharaja/皇帝), naga berkuku empat untuk golongan bangsawan 貴族, dan naga berkuku tiga untuk para menteri 部長. Pada zaman Dinasti Qing 清朝, naga berkuku lima mewakili Maharaja 皇帝 sedangkan naga berkuku tiga dan empat diuntukkan kepada rakyat jelata 百姓. Pada Dinasti Qing 清朝 juga, terlukisnya naga 龍  pada bendera kebangsaan 國旗.


Banyak orang Cina memakai istilah "Keturunan Naga" (龍的傳人) sebagai lambang identitas kaum, mengikut trend yang pada 1970-an. Serigala 狼子 digunakan oleh orang Mongol 蒙古人民, dan monyet 猴子 bagi orang Tibet 藏人 .


dikerjakan dengan detail yang amat indah dan dihiasi dengan warna enamel hijau pada sisiknya menambah keistimewaan cincin ini

SOLD
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...