Senin, 06 Agustus 2012

CINCIN GIOK 玔 (玉環)


Batu giok 玉 di Cina sudah dikenal pada kira-kira 4000 tahun sebelum masehi. Pada zaman kerajaan, batu giok banyak diminati oleh orang Cina, dan batu giok menjadi batu tradisional kerajaan Cina. Mulai dari pembuatan senjata, perkakas atau perabotan, ukiran tulisan atau gambar serta perhiasan semuanya menggunakan batu giok.


Batu giok juga disebut-sebut sebagai “the toughest gemstone”, artinya adalah batu yang terkuat diantara batu-batu mulia lainnya, bahkan lebih kuat dari pada intan atau berlian. Intan atau berlian menyandang gelar batu terkeras dari segala macam batu di dunia tetapi batu intan mudah retak dan patah jika terbentur cukup keras karena walaupun susunan komposisi struktur intan membuat mereka keras namun ‘brittle’. Batu intan hanya bisa dipotong dengan batu intan lainnya dan tidak akan tergores oleh batu jenis lain.


Batu giok mudah tergores dan sangat lembut jika dibandingkan dengan intan namun anti-retak atau ketahanan terhadap patah batu giok sangat tinggi. Oleh sebab itu batu giok sering dijadikan sebagai senjata atau alat-alat perang lainnya pada zaman kerajaan Cina.


batu giok yang paling dicari dan diminati adalah yang berwarna hijau tua bening. Imperial jade adalah nama yang diberikan pada batu giok yang dianggap paling berkualitas, warnanya harus berwarna hijau zamrud yang bening dan agak kental.

cincin terbuat dari batu giok 玉 jenis imperial jade dengan diameter dalam 2 cm dalam keadaan utuh 

 Batu giok juga dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain sebagai pembawa hoki, menolak keracunan atau infeksi, mengusir hawa negative atau ilmu hitam, meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan rumah tangga, menghindarkan permusuhan dan rasa putus asa.

SOLD
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...