Senin, 10 Desember 2012

CERMIN PERUNGGU 青銅鏡


Cermin antik terbuat dari perunggu dengan diameter 18 cm


pada bagian belakang cermin terpahat dengan indah ukiran yang menggambarkan pohon bambu 竹樹 dan yang liu 柳 dan ditengahnya terdapat bunga lotus  蓮花


bagian cermin dalam kondisi utuh, hanya sudah kusam karena sudah lama tidak dipergunakan.
cermin perunggu dipergunakan oleh masyarakat Cina pada era dimana belum ditemukan kaca cermin seperti yang kita pergunakan sekarang.

layak sebagai koleksi kebanggaan

SEKILAS TENTANG PERUNGGU

Perunggu adalah campuran tembaga dengan unsur kimia lain, biasanya dengan timah, walaupun bisa juga dengan unsur-unsur lain seperti fosfor, mangan, alumunium, atau silikon. Perunggu bersifat keras dan digunakan secara luas dalam industri. Perunggu sangat penting pada masa lampau, bahkan pernah suatu masa disebut sebagai Zaman Perunggu.
Ditemukannya perunggu membuat manusia bisa menciptakan benda-benda perunggu yang lebih baik daripada segala benda yang diciptakan pada zaman sebelumnya. Alat-alat, senjata, dan material bangunan lainnya yang dibuat dari perunggu bisa lebih keras dan lebih tahan daripada peralatan sebelumnya yang terbuat dari batu dan tembaga. Pada awalnya perunggu dicampur dengan arsenik untuk membentuk perunggu arsenik. Berikutnya timah yang digunakan, dan timah menggantikan posisi arsen di akhir abad ke-3 sebelum masehi. Perunggu timah lebih unggul dibandingkan perunggu arsenik karena proses pembentukan dan pembuatannya lebih mudah. Selain itu, timah juga tidak beracun, jika dibandingkan dengan arsen yang beracun.
Perunggu dari timah yang tertua diperkirakan berasal dari sejak milenium ke-4 sebelum masehi di Susa (Iran) dan beberapa situs kuno lainnya di China, Luristan (Iran) dan Mesopotamia (Iraq).

SOLD
Thx to Mrs "SP" Batavia
感謝 "SP" 夫人,雅加達
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...