Kamis, 26 Desember 2013

LIontin Ba Gua 八卦垂飾


 Ba Gua  八卦 arti  harfiahnya "delapan simbol" adalah delapan trigram digunakan dalam Kosmologi Tao 道教 untuk mewakili prinsip-prinsip dasar realitas, yang dipandang sebagai kisaran delapan konsep yang saling terkait.


 Masing-masing terdiri dari tiga baris, setiap baris baik "patah" atau "tak terputus," mewakili yin atau yang, masing-masing. Karena struktur tripartit mereka, mereka sering disebut sebagai "trigram" dalam bahasa Inggris.


Trigram terkait dengan taiji 太極, taijiquan  太極拳 dan wu xing 伍星, atau "lima unsur". Hubungan antara trigram diwakili dalam dua pengaturan, Primordial (先天八卦), "Awal Surga, Fuxi "bagua (伏羲八卦), dan Diwujudkan (后天八卦), "Nanti Surga," atau "Raja Wen" bagua. Trigram memiliki korespondensi dalam astronomi , astrologi , geografi , geomansi , anatomi , keluarga, dan di dunia lain


八卦 Bagua-Delapan trigram:

干qian ☰, Surga/ Langit 天 tian
兑Dui Danau/ Rawa 澤 Ze
离LI , Api 火 Huǒ
震zhen Guntur 雷 Lei
巽Xun Angin 風 feng
坎Kǎn Air 水 Shuǐ
艮Gen Gunung 山 shan
坤kun Bumi 地 di

Ada dua sumber bagua : 

"Awal Surga, Fuxi "bagua (伏羲八卦) 

filsafat tradisional Yin dan Yang. Keterkaitan filsafat ini telah dikaitkan dengan fuxi dengan cara berikut:

無極生有極,有極是太極,
太極生兩儀,即陰陽;
兩儀生四象:即少陰,太陰,少陽,太陽,
四象演八卦,八八六十四卦

yang tak terbatas (無極 ) menghasilkan yang terbatas, dan ini adalah Mutlak (太極) 
Taiji 太極 menghasilkan dua bentuk, bernama yin 陰 dan yang 陽
Kedua bentuk menghasilkan empat fenomena , bernama yin kecil 少陰 , yin besar 太陰 ( Taiyin juga berarti Bulan ),  yang kecil 少陽 , Yang besar 太陽 ( taiyang juga berarti Matahari). 
Keempat fenomena bertindak atas delapan trigram (bagua 八卦), delapan delapan adalah enam puluh empat heksagram . 


Dalam Xiantian Bagua, juga dikenal sebagai Fu Xi Bagua atau Sebelumnya Surga Bagua, Surga adalah di bagian yang lebih tinggi dan Bumi adalah di bagian bawah. Trigram Qian (surga) adalah di bagian atas, di Selatan (di masa lalu, Selatan terletak di atas dalam peta Cina), dan Kun (Bumi) di bagian bawah, di Utara. Li (Api) dan Kan (Air) di sebelah kiri dan pada formulir sisi kanan sepasang. Zhen (Guntur) dan Xun (Angin) membentuk pasangan lain, sementara satu di samping yang lain. Gen (Gunung) dan Dui (Danau) membentuk pasangan lain, sementara satu di samping yang lain, dalam keseimbangan dan harmoni. Penyesuaian trigram simetris dengan membentuk pasangan yang tepat sebaliknya. Mereka melambangkan kekuatan berlawanan dari Yin dan Yang dan mewakili sebuah negara yang ideal, ketika semuanya dalam keseimbangan.

(后天八卦), "Nanti Surga," atau "Raja Wen" bagua

Urutan trigram di Houtian Bagua, juga dikenal sebagai Bagua Raja Wen atau Nanti Surga Bagua, menggambarkan pola perubahan lingkungan. Kan ditempatkan ke bawah dan Li di atas, Zhen di Timur dan Dui di Barat. Bertentangan dengan Awal Surga Bagua, yang satu ini adalah Bagua dinamis di mana energi dan aspek setiap aliran trigram arah berikut. Ini adalah urutan yang digunakan oleh Luo Pan kompas yang digunakan dalam Feng Shui untuk menganalisa pergerakan Qi yang mempengaruhi kita.


Deskripsi  filosofis dari sumber lain adalah, dikaitkan dengan Raja Wen dari Zhou Dynasty: "Ketika dunia mulai, ada langit dan bumi Surga dikawinkan dengan bumi dan melahirkan segala sesuatu di dunia Surga.. Qian -gua, dan Bumi adalah Kun -gua. Sisa enam gua adalah putra dan putri mereka ".
Trigram terkait dengan lima unsur wu xing , yang digunakan oleh feng shui praktisi dan Pengobatan Tradisional Cina . Kelima elemen kayu, api, tanah, logam, dan air.  Air (Kan) dan Api (Li) trigram berhubungan langsung dengan air dan elemen Api. Unsur Bumi sesuai dengan kedua trigram Bumi (Kun) dan Gunung (Gen). Unsur Kayu sesuai dengan trigram dari angin (Xun) (sebagai kekuatan lembut tapi tak terhindarkan yang dapat mengikis dan menembus batu) dan Guntur (Zhen). Unsur Logam sesuai dengan trigram Surga (Qian) dan Danau (Dui).

dalam masyarakat Cina Ba gua 八卦 dipercaya dapat menangkal pengaruh buruk terhadap seseorang atau suatu bangunan. 
pusat dari ba gua yang terkenal dengan Yin Yang, memiliki arti filosofis di dunia tiada kesucian atau kejahatan yang sempurna

LIontin ba gua 八卦 dengan dimensi 4 cm X 4 cm
terbuat dari perak dengan lapisan emas yang masih tampak
meupakan barang tua dan jarang didapatkan, sarat dengan makna dan harapan baik bagi pemakainya

SOLD

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...