Selasa, 16 Oktober 2012

PIXIU PI YAO 貔貅


Pixiu atau Pi Yao 貔貅 awalnya dikenal sebagai Bi Xie  辟邪  "untuk mengusir roh-roh jahat" adalah sebuah mitos makhluk legendaris Cina dimana dia dianggap sebagai pelindung yang sangat kuat para praktisi Feng Shui .menyerupai singa bersayap.Pi Xiu dikatakan rakus terhadap emas dan perak saja. Oleh karena itu secara tradisional Cina, Pixiu telah selalu dianggap sebagai makhluk keberuntungan yang memiliki kekuatan mistis yang mampu menggambar Cai Qi 財氣 dari segala arah. Dengan demikian, akan sangat membantu bagi mereka yang sedang mengalami tahun yang buruk menurut zodiak Cina .


Pi Xiu adalah keturunan kesembilan dari  raja naga . Pi Xiu haus bau emas dan perak dan suka membawa  uang di mulutnya kepada tuannya. Patung makhluk ini sering digunakan untuk menarik kekayaan dalam feng shui .


Melihat postur dari Pi Xiu , makhluk itu tampaknya memproyeksikan rasa kekuatan, keanggunan dan mobilitas. Karakteristik yang jelas adalah lemak tubuh untuk menunjukkan perut penuh keberuntungan. memiliki tanduk di kepalanya, sepasang sayap dan tidak ada anus. juga memiliki mulut terbuka besar yang siap melahap keberuntungan. karena ini, patung Pi Xiu  sering digunakan di rumah sebagai cara menerima dan menjaga keberuntungan.
Hal ini diyakini bahwa sayap Pi Xiu membantu dalam mencari kekayaan,dan membantu siswa dalam memajukan studi mereka.
Karena penampilan yang mirip, Pixiu ini sering rancu dengan qilin .



Menurut mitos Pi Xiu melanggar hukum langit , sehingga Kaisar Jade 玉皇 menghukumnya dengan membatasi keserakahan pixiu untuk emas, dan mencegah makhluk dari buang air dengan menyegel anus nya. Dengan demikian, pixiu hanya dapat menyerap emas , tapi tidak bisa mengeluarkannya. Ini adalah asal dari Pi Xiu ' status sebagai simbol dari akuisisi dan pelestarian kekayaan.


Pi Xiu juga merupakan makhluk yang ganas. Taring yang besar terlihat di mulut makhluk itu digunakan untuk menyerang setan dan roh jahat, pengeringan esensi mereka dan mengubahnya menjadi kekayaan. Pi Xiu juga penjaga terhadap penyakit yang disebabkan oleh roh-roh jahat.
Sebagai penghargaan kepada Pi Xiu  dalam keganasan dan kecakapan dalam pertempuran ,Pi  Xiu adalah identik dengan tentara Cina kuno.



Selama sejarah Cina, Pi Xiu yang umumnya ditampilkan dalam arsitektur kuno untuk menangkal Yin Qi 陰氣 dan untuk memanfaatkan menguntungkan Qi . Patung-patung dari Pixiu biasanya ditemukan pada empat sudut atap rumah-rumah orang orang penting seperti kaisar. Di Cina kuno, patung Pi Xiu juga digunakan sebagai wali makam.


Patung Pi Xiu 貔貅 pembawa dan penjaga keberuntungan,
terbuat dari kuningan, dikerjakan dengan detail yang sangat luar biasa
dengan ukuran yang sangat kecil hanya memiliki panjang 2,5 cm dan tinggi 2 cm
sungguh karya seni yang amat indah layak untuk dikoleksi

SOLD
Thx to Mr "ID" Djokjakarta
感謝 "ID" 先生,日惹

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...