Sabtu, 09 Juli 2016

HAPPY CHINESE VALENTINE 七夕節

Hari ini 


Pada akhir musim panas, bintang Altair dan Vega tinggi di langit malam, dan Cina mengatakan cinta: 
Adalah tentang kisah cinta antara Zhinu 织女 (gadis penenun, melambangkan Vega ) dan Niulang 牛郎 (gembala sapi, melambangkan Altair ). namun cinta mereka ditentang oleh dewa dewa, sehingga mereka dibuang ke sisi berlawanan dari Sungai Perak 銀河 (melambangkan Bima Sakti).Sekali setahun, pada tanggal 7 bulan 7 penanggalan lunar, sekawanan burung gagak akan membentuk sebuah jembatan untuk menyatukan kembali kedua sejoli itu untuk satu hari.
Kisah ini telah ada sejak jaman dinasti Han  漢朝 (206 BC – 220 AD)


Dikisahkan,pada jaman dahulu ada seorang pria yatim piatu. Dia tinggal bersama dengan kakak laki laki dan kakak iparnya. Karena dia seorang penggembala, orang-orang memanggilnya Penggembala Sapi (Niulang,牛郎). Niu lang 牛郎 hidupnya sangat menderita, Dia hanya mendapat seekor sapi sedangkan yang lain dapat sawah dan rumah orangtuanya. Suatu hari, Niu lang 牛郎 tidur di sawah dan bermimpi sapinya berkata kepadanya bahwa sudah saatnya dia mencari seorang istri. Besok dia harus pergi ke sebuah danau di kaki gunung yang sepi untuk menemuinya. Dan besoknya Niu lang 牛郎 pun pergi ke danau yang dimaksud sapi. Di sana dia melihat ada 7 putri cantik yang sedang bermain air di danau itu. Niu lang 牛郎  mengintip dari tepi danau dan pepohonan. Baju putri putri itu berwarna-warni diletakkan di tepi danau dekat tempat Niu lang 牛郎 mengintip. Dia ingat di mimpi itu, sapinya berpesan untuk mengambil satu baju berwarna merah, dan itulah calon istri Niu lang 牛郎. Ternyata gadis-gadis yang sedang mandi di danau itu adalah bidadari khayangan yang turun ke bumi untuk bermain-main. Ketika tiba saatnya bidadari2 pulang ke langit, dan semuanya sudah siap memakai bajunya, tinggal satu bidadari yang berbaju merah tidak menemukan bajunya karena dicuri oleh Niu lang 牛郎 tadi, sehingga dia tidak bisa kembali ke langit. Bidadari yang punya baju merah itu adalah seorang penenun (tukang tenun), namanya Zhinu 织女. Semua awan di langit adalah hasil karyanya. Dia adalah cucu Raja Langit 天帝 (Tian Di), anak dari Raja Dewa Yu Huang 玉皇 di kerajaan langit. Ia terkenal akan kepintaran dan kecantikannya. 


Setelah remaja, tentu saja seperti gadis remaja lainnya, ia ingin mencari pasangan hidup yang baik. Singkat kata, akhirnya bidadari itu menikah dengan Niu lang 牛郎di bumi dan hidup bahagia hingga memiliki 2 orang anak. Raja Langit menyadari kalo cucunya yaitu Zhi nu 织女  hilang. dan mendapat info bahwa Zhi nu 织女menikah dengan rakyat jelata di bumi. dia pun turun ke bumi untuk mencari Zhi nu 织女 .Lalu Zhi nu 织女 pun diculik ke langit dengan paksa oleh Raja Langit.Niu lang  牛郎 pun memandang ke langit dan melihat Zhi nu 织女 diseret ke langit dan berteriak-teriak memanggil Niu lang 牛郎 . Niu lang 牛郎 sangat kaget dan kebingungan bagaimana caranya terbang ke langit.Lalu sang sapi, piaraan Niu lang 牛郎 tidak tinggal diam. Sapi itu melempar tanduknya dan berubah menjadi sebuah sampan kecil. Niu lang 牛郎 langsung mengajak kedua anaknya naik ke sampan itu dan ajaib, sampan itu terbang ke langit mengejar Zhi nu 织女dan si Raja Langit. Raja Langit pun  mencabut jepit konde peraknya dan  menggores sungai perak 銀河系 yang luas di langit untuk memisahkan dua kekasih selamanya, sehingga membentuk Bima Sakti 銀河系 antara Altair 牽牛星 dan Vega 織女星. 


Namun setelah melihat kesungguhan hati dan cinta mereka, Raja kemudian membolehkan mereka bertemu setahun sekali pada tanggal 7 bulan 7. Pada malam ini,ribuan burung Que 鵲 yang mengasihani mereka akan membuat jembatan di atas Milky Way (鹊桥 , "jembatan burung que" yg berarti burung kebahagiaan) supaya mereka dapat bertemu. Inilah lambang cinta antara 2 dunia yang berbeda.


Gadis-gadis muda ikut yang serta dalam ritual ini (拜仙) Mereka pergi ke kuil lokal untuk berdoa kepada Zhi nü 织女.mereka membakar kertas doa sebagai persembahan, juga membaca doa tradisional untuk memohon ketangkasan dalam menjahit, yang melambangkan bakat tradisional pasangan yang baik.
 Mereka membuat janji untuk menikahi seseorang yang akan menjadi suami yang baik dan penuh kasih.
Secara tradisional, akan ada kontes di antara gadis-gadis muda yang berusaha untuk menjadi yang terbaik di dalam bidang jahit menjahit di bawah kondisi cahaya rendah seperti cahaya bara atau setengah bulan. 
Festival ini juga penting bagi pasangan yang baru menikah.Secara tradisional, mereka akan menyembah pasangan surgawi untuk terakhir kalinya dan mengucapkan selamat tinggal kepada mereka (辞仙).
Perayaan simbol pernikahan yang bahagia dan menunjukkan bahwa wanita yang sudah menikah berharga oleh keluarga barunya.
Selama festival ini, wanita lajang dan yang baru menikah membuat persembahan kepada Niu lang 牛郎 dan Zhi nü 织女, diantaranya buah buahan, bunga, teh, dan bedak . Setelah menyelesaikan persembahan, setengah dari bedak dilemparkan di atap dan separuh lainnya dibagi di antara para wanita muda.
diyakini bahwa dengan melakukan hal ini, perempuan terikat dalam kecantikan dengan Zhi nü 织女.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...